in

Antisipasi Pasien Corona..Ini Yang Dilakukan Pemprov Riau.

44 Rumah Sakit di Pekanbaru Jadi Rujukan Untuk Pasien corona.

Pekanbaru,Riau Oposisi.com.

Sebanyak 44 rumah sakit (RS) di Provinsi Riau dijadikan sebaga rujukan bagi masyarakat dalam pantauan Suspect Covid-19. Surat Keputusan (SK) penetapan 44 RS rujukan pasien suspect virus Corona itu dikeluarkan Gubernur Riau, H Syamsuar.

 

SK ditandatangani Senin (16/3/2020) itu menetapkan 44 rumah sakit di seluruh Provinsi Riau sebagai rujukan bagi masyarakat dalam pantauan Suspect Covid-19. Seluruh pembiayaan berkaitan dengan SK dimaksud dibebankan melalui APBD kabupaten/kota dan provinsi.

 

SK Nomor Kpts.568/III/2020 itu Tentang Penetapan Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Penyakit Infeksi Emerging Tertentu Provinsi Riau. Seluruh rumah sakit rujukan ini diberikan kewenangan sesuai kemampuan dan sumber daya yang dimiliki, dengan intens melaporkan informasi kepada dinas kesehatan terkait di daerah.

 

“Pak Gubernur (Riau) mengeluarkan SK tentang penetapan rumah sakit rujukan. Itu ada 44 rumah sakit yang tersebar di seluruh Riau,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Hj Mimi Yuliani Nazir kepada wartawan Rabu, (18/3/2020) di Pekanbaru.

 

SK ini dikeluarkan sebagai antisipasi dini Corona Virus Disease (Covid-19). Provinsi Riau juga ditetapkan sebagai siaga darurat atas virus ini. Dalam SK tersebut, dijelaskan sebagai penyakit yang dapat menimbulkan wabah. Selain itu berpotensi menyebabkan kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia yang tidak hanya menyebabkan kematian. Tapi juga menimbulkan kerugian ekonomi yang cukup besar, sehingga perlu dilakukan antisipasi untuk menanganinya.

 

Menimbang surat edaran Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan RI. Gubernur Riau memutuskan dengan menetapkan rumah sakit rujukan penanggulangan penyakit infeksi emerging tertentu Provinsi Riau. Dengan melakukan penatalaksanaan dugaan kasus yang berpotensi kejadian luar biasa penyakit infeksi emerging tertentu.

 

Kemudian memberikan pelayanan rujukan pasien dan rujukan spesimen yang berkualitas sesuai dengan standar, kemudian meningkatkan kapasitas sumber daya yang diperlukan dalam rangka penatalaksanaan dugaan kasus yang berpotensi kejadian luar biasa penyakit infeksi emerging tertentu dan melakukan pencatatan pelaporan.

 

Ini 44 RS Rujukan Pasien Dugaan Corona di Riau

Untuk diketahui, 33 RS di Riau ditetapkan sebagai rujukan pasien dugaan Corona. Daftarnya sebagai berikut:

 

Di Kota Pekanbaru ada RSUD Arifin Achmad, RSUD Petala Bumi, RS Awal Bros Sudirman, RS Eka Hospital. Selain itu ada RS Ibnu Sina, RS Santa Maria, RS Bhayangkara Polda Riau, RS PMC, RS Bina Kasih, RS Prof. DR. Tabrani. Ada pula RS Syafira, RS Awal Bros Ahmad Yani, RS Awal Bros Panam, RS Prima, RS Aulia, RS Universitas Riau. RS Daerah Madani, RS Hermina, RS TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin, dan RS TK IV Tentara Pekanbaru juga termasuk rujukan.

 

Untuk di Kabupaten Kampar, ada RS Rujukan RSUD Bangkinang. Sementara RS Rujukan di Kabupaten Rokan Hulu antara lain RSUD Rokan Hulu, RS Awal Bros Ujung Batu, RS Azzahra, RS Surya Insani.

 

Untuk di Kabupaten Kuantan Singingi, RS rujukan hanya RSUD Taluk Kuantan. Kemudian di Kabupaten Indragiri Hulu, RSUD Indrasari Rengat dan RS Kasih Ibu.

 

Di Kabupaten Indragiri Hilir, RSUD Puri Husada, RSUD Tengku Sulung Pulau Kijang, dan RSUD Raja Musa Sungai Guntung. Di Kabupaten Kepulauan Meranti hanya RSUD Meranti. Kemudian di Kabupaten Siak,RSUD Tengku Rafi’an Siak Sri Indrapura, dan RSUD Perawang.

 

Untuk Kabupaten Bengkalis, RSUD Bengkalis, RSUD Kecamatan Mandau dan RS Permata Hati. Lalu di Kota Dumai, RSUD Dumai dan RS Pertamina Dumai.

 

Di Kabupaten Rokan Hilir, RSUD Dr. RM Pratomo, dan RS Cahaya, sedangkan di Kabupaten Pelalawan RS rujukan antara lain di RSUD Selasih, RS Efarina dan RS Amelia Medika. RO/07

About Post Author

Written by Riauoposisi

Tinggalkan Balasan

Antisipasi Carona..Ini Yang Dilakukan Polres Meranti.

Ih…Serem,Begini Kronogis Pristiwa Tewasnya IRT Usai Terlindas Truck.